//
you're reading...
berita ppn

Perubahan Nama PPD menjadi PPN Semakin Mantap di Kayong Utara

Kendati belum deklarasi, gaung Partai Persatuan Nasional (PPN) sudah membahana di Kabupaten Kayong Utara. Partai ini menjadi pusat perhatian masyarakat di daerah ini lantaran berasal dari Partai Persatuan Daerah (PPD) yang digawangi putra asal Sukadana Dr H Oesman Sapta.

“PPD memang sudah resmi berganti nama menjadi PPN, bukan partai baru tetapi restruktur reorganisasi. Memang belum deklarasi, namun deklarasi secara resmi akan kita gelar setelah susunan kepengurusan disesuaikan dari PPD ke PPN,” ungkap Ketua DPC PPD Kabupaten Kayong Utara Namrun Leru SPd didampingi Wakil Ketua Indra Riduani SH dan Bun Fa, serta Bendahara Lim Mong Seng di Sukadana, Rabu (29/2/2012).

Perubahan nama PPD ke PPN, dijelaskan Namrun, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: M.HH-04.AH.11.01 Tahun 2007 tentang pengesahan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, nama, lambang, tanda gambar dan susunan kepengurusan PPD menjadi PPN periode 2011-2016. Surat yang ditandatangani Amir Syamsudin selaku Menkum HAM RI ditetapkan di Jakarta pada tanggal 9 Januari 2012.

Dengan perubahan ini, dikatakan Namrun, PPD KKU segera melakukan sosialisasi untuk lebih mengenalkan PPN kepada masyarakat “Negeri Bertuah” julukan Kabupaten Kayong Utara. “Sosialisasi sudah mulai dilakukan, untuk tahap awal dengan memasang sejumlah spanduk PPN di beberapa titik-titik tertentu termasuk plang nama di Sekretariat PPD KKU juga sudah diganti menjadi PPN,” kata Namrun yang juga Wakil Ketua DPRD KKU.

Terjadinya perubahan nama ini disusul juga dengan perubahan struktur kepengurusan. Dikatakan Namrun, dari 18 orang pengurus untuk tingkat kabupaten ketika PPD dan menjadi 37 orang pengurus untuk di PPN.

“Kalau di tingkat provinsi (DPD) sebanyak 47 pengurus, sedangkan tingkat kecamatan (DPAC) 27 pengurus dan desa (DPRan) sebanyak 17 pengurus, dalam kepengurusan tetap 30 persen harus dari kalangan perempuan,” katanya menjelaskan.

Menghadapi pemilihan gubernur (pilgub) yang tinggal beberapa bulan ke depan, ditegaskan Namrun, PPN siap menghidupkan mesin politiknya. Termasuk, siap untuk memenangkan Pemilukada KKU 2013 serta pemilu legislatif KKU pada 2014.

“Kita menargetkan menjadi partai pemenang pada Pemilu Legislatif 2014 nanti, dan minimal delapan kursi, karena ada kemungkinan jumlah kursi di DPRD KKU akan bertambah dari 20 menjadi 25 kursi,” terangnya.

Dilanjutkan Namrun, sekarang pihaknya juga sedang mempersiapkan pergantian fraksi di DPRD KKU dari Fraksi PPD menjadi Fraksi PPN. Hal ini menyusul adanya surat dari DPP PPN dengan Nomor: 02/1-UM/DPP-PPN/2012 tentang pemberitahuan perubahan nama PPD menjadi PPN. Pada poin 2 di surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Ratna Ester L Tobing SH MH itu menyebutkan kepada seluruh anggota DPRD-PPN (d/h PPD) untuk dapat melakukan penyesuaian dengan perubahan nama tersebut (nama fraksi)dan menyampaikan berkas perubahan nama tersebut kepada lembaga DPRD dan lembaga terkait lainnya di daerah masing-masing.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PPN DR H Oesman Sapta menjelaskan kelahiran Partai Persatuan Daerah (PPD) tidak terlepas dari latar belakang dihapusnya fraksi utusan daerah di MPR setelah pemilu 2004. Dan mulai 1 November 2011 dengan didorong oleh kuatnya arus dinamika politik nasional, maka PPD berganti nama menjadi PPN.

Tanpa meninggalkan ciri khas PPD terhadap orientasi kesejahteraan, kemandirian, dan kemakmuran daerah, PPD ingin menyesuaikan diri dengan dinamika politik sekarang ini. Untuk perubahan nama dari PPD menjadi PPN, partai politik yang satu ini tetap mengedepankan kekuatan daerah sebagai modal awal kejayaan negara.

“Alasan perubahan nama ini adalah untuk lebih menumbuhkembangkan sifat nasionalisme dalam NKRI tanpa harus melupakan pluralisme dan kemajemukan yang dapat merangkul seluruh aspek kewilayahan, kesukuan, dan kebudayaan,” tegas mantan Wakil Ketua MPR RI ini. (lud/*)

About suara - partai persatuan nasional

kader ppn

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: