//
you're reading...
berita ppn

Panja Putusan MA Dituding Jadi Alat Tawar Politik

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pembentukan Panitia Kerja (Panja) Putusan Mahkamah Agung (MA) terus menuai kontroversi. Panja tersebut dituding sebagai alat tawar politik.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Advokasi Untuk Independensi Peradilan (LeIP) Asril berpendapat, secara politis pembentukan Panja ini patut dicurigai. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum, pada saat rapat konsultasi DPR dan MA atau lembaga penegak hukum lainnya seperti Rapat Dengar Pendapat anggota-anggota DPR kerap menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perkara. Terutama perkara yang melibatkan anggota DPR atau kader partai politik.

“Pembentukan Panja Putusan MA ditengarai hanya salah satu upaya DPR untuk melakukan intervensi terhadap independensi kekuasaan kehakiman dan dijadikan alat tawar politik untuk memperngaruhi perkara-perkara yang akan diputus MA,” tegas Asril dalam pernyataan tertulis yang diterima Suara Merdeka, Sabtu (3/3).

Seperti diketahui, Ketua Komisi III Benny K Harman mengatakan, Panitia Kerja (Panja) DPR mengenai putusan-putusan Mahkamah Agung (MA) akan membahas empat hal.

Pertama, putusan-putusan pengadilan yang selama ini menimbulkan masalah karena tak sesuai ketentuan KUHAP. Kedua,  putusan-putusan MA yang telah berkekuatan hukum mengikat (inkracht) tetapi tetap tak bisa dieksekusi. Ketiga, putusan-putusan peninjauan kembali (PK) MA yang bertentangan satu sama lain padahal objeknya sama.

Keempat, banyak putusan MA yang tak mengikuti prosedur sehingga tidak menjamin adanya kepastian hukum.

Panja ini dibentuk dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan yang dimiliki DPR.

( Mahendra Bungalan / CN32 / JBSM )

About suara - partai persatuan nasional

kader ppn

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: