//
you're reading...
berita ppn

Partai Baru Dan Matematika Jebakan Administrasi

PetaPolitik.Com – Hanya tinggal satu minggu berselang partai-partai baru yang belum lengkap persyaratan administratifnya harus berdegup jantung untuk mengabsahkan keikutsertaan mereka dalam Pemilu 2014.

Melengkapi kelengkapan syarat administrasi kepengurusan partai di keseluruhan 33 propinsi beserta 75% kepengurusan di Kabupaten/Kota bukanlah hal yang mudah bagi partai-partai yang relatif masih berumur sangat muda –kurang dari satu tahun rata-rata. Hanya partai Nasional Demokrat yang saat ini dinyatakan memenuhi syarat. Itu pun orang mafhum karena Partai Nasdem diketahui didukung oleh pendiri dan pendukung yang mempunyai sumber daya baik kapital maupun manusianya lebih besar dari partai baru yang lain.

Partai Serikat Rakyat Independen atau Partai SRI dipastikan berlomba dengan waktu, plus menguras uang dan tenaga lebih dalam beberapa hari ini jika ingin sah sebagai partai yang berbadan hukum. Artinya, untuk menjadi sah berbadan hukum sebagai peserta pemilu saja sudah keteteran, padahal masih ada syarat verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum yang biasanya dilakukan kurang dari satu tahun menjelang pemilihan Umum.

Banyak sekali PR (pekerjaan rumah) bagi partai baru hanya untuk bisa mengikuti pemilu. Berkaca dari pemilu yang lalu partai-partai baru dipastikan akan kelelahan dan kehabisan sumber daya sehingga apapun yang akan dilakukan pada bursa pemilu tidak akan mencapai target yang diinginkan oleh masing-masing partai.

Jebakan administrasi kepartaian peserta pemilu sudah seperti labirin yang tidak ada habisnya bagi orang-orang yang umumnya hanya berangkat dari simpatisan belaka tanpa ada latar belakang kepartaian sama sekali. Partai Nasdem, yang saat ini telah dinyatakan berbadan hukum pun harus mempersiapkan syarat bagi verifikasi faktual yang lebih berat. Angka 1000 keanggotaan di daerah yang populasinya lebih dari 1 juta orang, dan 1/1000 bagi daerah yang populasinya kurang dari 1 juta, di keseluruhan propinsi adalah hal yang sangat berat.

Partai-partai lama sekalipun yang saat ini telah sah menjadi peserta pemilu 2014 akan kelimpungan dengan syarat administrasi faktual KPU yang terbukti melelahkan. Persyaratan verifikasi KPU yang paling melelahkan adalah memastikan terdaftarnya nama anggota partai dari 75% kabupaten/kota yang ada di negeri kepulauan terbesar ini. 398 kabupaten ditambah 98 kota ditambah 1 kabupaten administrasi ditambah 5 kota administrasi sama dengan 502 daerah tingkat dua.

Jika mengikuti aturan keanggotaan partai harus ada di 3/4 total daerah tingkat dua atau kira kira 376 kabupaten. Jika taruh angka moderat tiap daerah tingkat dua harus disiapkan 500 anggota berarti dalam waktu kurang dari satu tahun partai yang baru harus menyiapkan keanggotaan 500 x 376 = 188.000 nama anggota. Sebuah jumlah yang menggentarkan bagi siapapun yang bernafsu untuk mendirikan partai baru.Padahal kenyataannya syarat adalah 1000 anggota atau 1/1000, siapapun pasti pusing kepala.

Jika harga 1 kartu anggota partai dirupiahkan dengan angka 10.000 rupiah (di lapangan pasti lebih mahal) maka partai yang baru harus mempersiapkan paling tidak 1.880.000.000, atau kurang lebih 2 miliar rupiah uang tunai hanya untuk kartu anggota. Bagi partai baru yang paling mentok hanya mempunyai 5 milyar di kantong tentu saja harus berpikir kembali karena modalnya akan habis oleh syarat administrasi. Belum lagi program pemenangan partai dan segala uborampe-nya, dari mana duit harus dicari, mau merampok siapa?

Oleh karena itu, partai-partai baru yang tentu mempunyai perhitungan rasional (baca akal sehat) pasti tidak akan nyenyak tidur jika menghitung apa saja yang harus dikeluarkan hanya untuk menjadi peserta pemilu 2014. Waktu semakin terbatas, pilihlah jalan yang paling tidak menguras. Sudah waktunya partai-partai bergabung, tidak hanya bergabung organisasi, bergabung juga dalam urusan modal, karena demokrasi modern adalah hajatan yang mahal, dan sudah banyak yang menjadi korban dalam perhelatan pemilu dua periode lalu. (djio)

About suara - partai persatuan nasional

kader ppn

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: