//
you're reading...
berita ppn

Perludem: UU Pemilu Bertentangan dengan Konstitusi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Undang-Undang Pemilu yang baru saja disahkan rapat paripurna DPR dinilai menyisakan banyak kelemahan. Ketua Perludem, Didik Suprianto, menilai terdapat beberapa pasal dalam beleid tersebut yang melanggar konstitusi. “Beberapa pasal menghilangkan otentisitas seperti yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (13/4).

Didik mencontohkan adanya perubahan pemberlakuan ambang batas perwakilan atau parliamentary threshold secara nasional. Sistem PT itu menentukan pemilihan anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota dihitung sesuai dengan yang diberlakukan dalam DPR.

Menurutnya, penerapan ambang batas nasinal tersebut merupakan bentuk kejahatan politik. Ketika seorang warga memilih anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dengan ukuran pemilihan anggota DPR, ujarnya, maka akan menghilangkan keaslian pemilihan suara tersebut. Sehingga, akan merugikan partai yang hanya besar di daerah-daerah tertentu. Menurutnya, hal tersebut melanggar pasal 22 E ayat (1) dan pasal 27 ayat (1) UUD 1945.

Sementara itu, ujarnya, besaran ambang batas 3,5 persen suara nasional berpotensi menaikkan jumlah suara terbuang. Sehingga, tuturnya, menurunkan kadar proporsionalitas yang sebenarnya dianut dalam beleid tersebut. Didik menegaskan UU itu pun gagal meletakkan sistem demokrasi untuk pemilu ke depan. Menurutnya, hal tersebut dapat terlihat dari tidak adanya tujuan yang tegas tentang pemilu.

Selain itu, ujarnya, penyelenggaraan pemilu legislatif yang berbeda dengan pemilu presiden menjadikan pemilu 2014 bakal menghasilkan cacat yang sama dengan pemilu sebelumnya. Yakni tidak adanya kejelasan komposisi koalisi oposisi seperti yang terjadi saat ini.

 

About suara - partai persatuan nasional

kader ppn

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: