//
you're reading...
berita ppn

KPU : 18 Parpol Tak Lolos Verifikasi Administrasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Malik mengatakan 18 partai politik dipastikan tidak lolos verifikasi administrasi untuk ikut pemilihan umum. Di antara 18 partai politik itu antara lain Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), dan Partai Nasional Republik (Nasrep). Salah satu parpol Islam, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), juga ikut tak lolos.

“Kami sudah meneliti 100 persen bahwa 18 parpol itu tidak lolos, kecuali ada yang luar biasa,” kata Husni di kantor KPU Pusat Jakarta, Senin (12/11/2012) seperti dikutip Antara News.

Tentang 12 partai politik yang direkomendasikan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), ia menjelaskan, komisioner KPU akan menggelar rapat pleno pada Senin sore guna mengambil keputusan tentang masalah itu.

Bawaslu sebelumnya melayangkan surat ke KPU agar 12 dari 18 partai politik yang tidak lolos verifikasi administrasi tetap disertakan dalam tahap verifikasi faktual karena partai-partai itu menyatakan punya data untuk memenuhi syarat adminsitratif calon peserta pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.

Keduabelas partai tersebut terdiri atas Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Kedaulatan, Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Republik, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) dan Partai Buruh.

Selain itu ada Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Karya Republik (PAKAR), Partai Kongres, dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).

“Kewajiban kami memproses rekomendasi Bawaslu, jadi rekomendasi itulah yang kami jawab,” kata Husni.

Sebelumnya Bawaslu mendapat laporan dari 12 parpol mengenai dugaan pelanggaran administrasi dan kode etik yang dilakukan ketua dan anggota KPU antara lain dalam proses pendaftaran, pemeriksaan administrasi, penundaan pengumuman pemeriksaan administrasi, serta pengadaan dan penyelenggaraan sistem informasi partai politik.

About suara - partai persatuan nasional

kader ppn

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: