//
About

suara partai persatuan nasional , merupakan suatu situs informasi terkait partai persatuan nasional.

Mempersatukan anak bangsa menuju bangsa yang bermartabat

Rakyat bebas bersuara, tetapi “suara”nya itu tidak menjadi agenda politik Negara. Rakyat bebas mendirikan organisasi, tetapi pemerintah tampaknya membina hubungan khusus hanya terhadap organisasi tradisional yang ada. Gejala perampasan dan pembusukan terhadap wadah/organisasi yang selama ini menjadi kendaraan politik ekonomi gerakan rakyat (seperti LSM, Serikat Tani, buruh) oleh kekuatan-kekuatan anti rakyat juga semakin intensif terjadi. Organisasi Rakyat secara perlahan mengalami krisis identitas dan legitimasi dari rakyat akibat polusi dari pihak pencoleng. Polusi ini semakin diperparah pula oleh banyaknya pihak yang memperkeruh suasana (aparatur negara baik mantan atau yang aktif, militer, partai politik, ilmuwan pro-pasarbebas, lembaga donor luar negeri (funding agency) propasar bebas). Diantara sesama organisasi rakyat juga terjadi kompetisi, dimana disatu sisi bersifat positif namun dilain pihak dapat bersifat kontraproduktif.

Sekarang ini, meski banyak ditentang oleh elemen-elemen masyarakat sipil, DPR dan pemerintah tetap mensahkan serangkaian peraturan perundangan yang berkaitan dengan sumber-sumber agraria, perburuhan, privatisasi, pencabutan subsidi dan sebagainya, yang dipandang berdampak buruk terhadap bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Pada sisi sosial politik, organisasi mampu mendorong terjadinya perombakan, pembaruan, pemulihan dan penataan model pembangunan politik Nasional dan Internasional, agar tercipta peri kehidupan politik yang bebas, mampu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, mampu memajukan kesejahteraan umum, sanggup mencerdaskan kehidupan bangsa, dan sanggup pula untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia. Peri kehidupan politik tersebut hanya dapat dicapai jika rakyat berdaulat secara politik baik dalam kebijakan maupun dalam kenyataan hidup sehari-hari.

Untuk itu politik persatuan nasional adalah mempersatukan lapisan masyarakat tertindas, semua golongan yang berwatak progresif yang melawan neokolim. Atas kesadaran kita bahwa kekuatan utama persatuan nasional ini adalah kaum tani dan buruh. Demikian juga disadari penuh bahwa secara internal masing-masing harus memiliki sifat kepoloporan dalam bentuk organisai yang maju, massif dan radikal. Untuk itu persatuan nasional haruslah menjadi wadah yang terus menggalang kekuatan-kekuatan yang luas dalam perjuangan. Hingga pekerjaan persatuan ini tidak hanya sebatas pada momentum dan isu politik tertentu yang kemudian bubar. Ia harus mampu memciptakan momentum, merebut ruang-ruang demokrasi dan simpati rakyat serta menjadi pelopor perjuangan rakyat. Persatuan nasional gerakan rakyat haruslah memiliki program, strategi perjuangan yang konkrit menjawab kebutuhan massa.

Pertama, sebagai kekuatan pokok mendesakkan program-program rakyat. Persatuan nasional harus melakukan penguatan dan kapasitas organisasi pokoknya secara mandiri. Penguatan organisasi ini membuat para penggerak dan unsur pokok dalam persatuan nasional berada pada garis depan mendesakkan program-program yang memenuhi kepetingan rakyat yang tertindas. Demikian juga dalam perlawanan terhadap nekolim. Bahkan dalam memberikan solidaritas kemanusiaan terhadap korban.

Kedua, sebagai kekuatan pokok untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas aksi untuk mendesakkan program-program rakyat. Di masa mendatang harus ada upaya peningkatan/eskalasi aksi (rangkaian aksi-aksi yang bertambah kualitas dan kuantitasnya). Langkah ini terutama diperlukan di masa yang akan datang. Misalnya Kekuatan potensial petani yaitu jumlah massa yang besar dan posisinya sebagai penghasil pangan dan komoditi strategis Agro-industri, jika dapat diorganisir, maka akan dapat menekan aparat negara, aparat modal, dan bahkan terhadap partai-partai politik. Selain itu, aksi-aksi kaum buruh merupakan kekuatan utama buruh untuk mendesak dan mempengaruhi arah kebijakan perburuhan. Kualitas aksi juga dapat ditingkatkan dengan merobah pola aksi dari yang bersifat defensif (diserang baru melawan) menjadi ofensif. Mulai dari aksi lokal, nasional, hingga internasional dengan berbagai aksi yang kreatif.

Ketiga, terlibat aktif dalam isu-isu rakyat dan pemegang otoritas berbicara atas nama rakyat tertindas (terutama buruh dan tani). Keterlibatan aktif ini baik dalam perundingan-perudingan, kampanye nasional-internasional maupun kegiatan politik lainnya.

Keempat, sebagai motor utama dalam menghadapi politik pecah belah persatuan nasional gerakan rakyat. Bibit perpecahan tersebut biasanya lahir dari adanya ketergantungan organisasi dalam hal pendanaan, sikap-sikap pragmatis.

Kelima, Semakin hari semakin jelas bahwa perjuangan melawan neoliberalisme ini merupakan perlawanan antara rakyat di seluruh dunia berhadapan dengan para pengusaha besar (TNC), bukan perlawanan antar-negara semata. Dengan demikian, persatuan gerakan rakyat harus menyerukan kepada rakyat kecil, miskin, dan tertindas oleh neoliberalisme agar bersatu membangun jaringan internasional yang kuat di dalam dan di luar negeri. Perlu untuk dicatat, bahwa penempatan posisi antara konsolidator utama dalam menggalang massanya sendiri dengan peran politik sebagai pendorong gerakan politik yang lebih besar, haruslah dapat diatur secara proporsional berdasarkan skala prioritas.

Ditengah situasi rakyat yang tidak terpimpin dan masih terpecah-pecah kecil. Demikian juga tidak adanya saluran persatuan nasional dan saluran politik yang alternatif bisa diandalkan. Tentunya persatuan nasional yang digagas dan dipimpin secara praktek oleh kalangan yang maju maka kita akan menjadi dambaan bagi rakyat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: